Melenggang Menuju Gelanggang

Di bawah Langit KelabuBerbalas
Di bawah Langit KelabuBerbalas

Panggung Taman Budaya Jawa Barat (TBJB), jalan Bukit Dago Utara, Bandung, 14 Mei 2013 mendatang sudah bisa dibayangkan penuh semaraknya kreativitas yang muncul dari kreator-kreator muda. PSP 18 siap untuk dihadirkan untuk diapresiasi publik. Dan pastinya penuh dengan harapan semoga karya-karya ini mampu diapresiasi para penonton. 11 Tim Produksi akan menyajikan karya-karya yang indah dengan gaya dan warna sesuai dengan jaman yang berkembang.

Harus disadari bersama, sebagai sebuah tontonan tentunya harus memiliki ketertarikan untuk dinikmati. Para penyaji sudah selayaknya mengalirkan ekspresi melalui dinamika yang berkembang dari sebuah alur cerita, diberi penekanan pada momen-momen tertentu dengan keindahannya, sehingga mampu diterima dan dirasakan penonton sebagai sebuah keindahan. Kejutan-kejutan, benturan-benturan, saling keterkaitan semua unsur pentas melebur bersama, menyatu dalam sebuah aliran emosi. Tanpa itu semua, penontonpun akan terus meninggalkan tempat duduknya, atau paling tidak tertidur.

Beberapa strategi yang bisa dibangun untuk menuju kesana, seperti :

  1. memberi perhatian khusus pada momen tertentu yang dianggap akan memberikan berubahnya perasaan penonton.
  2. mendorong rasa estetik melalui dukungan tata artistik yang tepat, seperti : dekorasi, kostum, tata cahaya, tata rias, dll.
  3. persiapan  tim , khususnya yang berkaitan dengan teknis lebih detail. Gunakan alat “storyboard” sebagai alat bekerja Anda. Jika perlu siapkan sebuah langkah alternatif jika ada sesuatu terjadi yang diluar dugaan Anda.
  4. siapkan mental Anda, usahakan di saat menjelang penyajian Anda, kondisi fisik dalam kondisi yang baik, segar.

PSP Awards

Sebagai sebuah wujud penghargaan kepada para kreator-kreator baru di PSP, para penonton yang diwakili oleh para tim panelis / penilai selama penyajian itu menilai segala komponen sajian Anda.  Apresiasi ini diwujudkan dalam sebuah penghargaan biasa. Di ajang PSP disebut PSP Award.  Seperti , bidang Teater (best actor/actrees, best moment, best music scoring, dll), bidang Musik (best Jingle Composition, best Instrument Player, best Music Arrangement, dll), bidan Tari (best Coreograph, best Dancer, dll), bidang Artistik (best Lighting, best Video Bumper, best Costume, best Make Up, best Property, dll). Dan masih banyak lagi…  Tetapi ini semua janganlah ini menjadi sebuah tujuan. Yang terpenting bagaimana caranya Anda menjadi penyaji yang baik di hadapan penonton. Penontonlah yang akan lebih jujur menjadi penilai Anda.

Siapkah Anda menjadi yang terbaik? Semua tergantung kepada kesiapan mental Anda untuk menjadi yang terbaik. Kita tentunya sadar bahwa untuk meraih sesuatu itu tidaklah mudah, perlu sebuah perjuangan. Apapun yang kita sudah coba, kadang pula tak sesuai dengan harapan. Itu biasa saja sebagai bahan belajar kita. Oleh sebab itu, hal yang pali baik adalah dengan ‘belajar menjadi pemenang dan belajar juga menjadi yang kalah’. Yang terpenting, buatlah kebanggaan yang bisa kita bawa dalam kenangan hidup Anda.

Mari kita bawa PSP dengan langkah yang pasti

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *