MUSIK Melengkapi Ekspresi Film

Film merupakan sebuah bentuk karya seni yang memiliki media terlengkap, seperti unsur cerita, drama, acting, music, suara, gerak, seni kerupaaan lainnya. Sebagai sebuah kesatuan, seluruh unsur harus memiliki harmoni yang saling memberikan tata nilai estetik. Rasa, denyut, greget, setiap detiknya diharapkan mampu memberikan aliran jiwa kepada siapa saja yang menontonnya.

Salah satu komponen yang jarang secara sengaja diperhatikan dalam penyajian film adalah music. Peran music dalam film pada umumnya diperlakukan sebagai pendorong rasa. Padahal membuat komposisi music itu bukanlah pekerjaan yang mudah. Tapi itulah music ada disana. Mungkin sebuah perkecualian dalam film berjenis Film Musikal. Jelas, music lebih memiliki porsi yang besar. Actor actris diharapkan memiliki kemampuan untuk membawakan music atau lagu yang biasanya sudah terekam secara khusus.

Nah.. secara khusus dalam PSP music dapat digolongkan menjadi 3, yaitu : Original Sound Track (OST), Musik Jingle Tim, dan Music Ilustrasi/Music Scoring Film. OST diharapkan muncul sebagai pembuka film, menggambarkan tema dari film Anda, tersaji dalam sekian frame gambar yang tersusun secara abstrak, yang memberikan prolog film Anda. Mungkin untuk durasi 2 menit itu sudah cukup bagus. OST bisa  berjenis instrumental atau lagu berlirik. Anda bisa memberikan kekuatan film dengan OST lainnya dalam perjalanan cerita. Itu sangat mungkin, tergantung kepada kebutuhan adegan tersaji. Secara proses pembuatannya harus bersandar pada proses perekaman music (recording).  Jika format yang digunakan adalah Band, tentunya proses pembuatannya harus mengikuti standar music recording. Jangan menunggu waktu.. segeralah Anda berkarya.

INFO TUTORIAL PEREKAMAN – MusicTech

Lalu Musik Jingle adalah sebuah gambaran tentang tim Anda yang tersaji dalam music dan gambar. Penempatannya adalah di akhir cerita sebagai penutup Film Anda. Bisa saja jingle mengiringi beberapa clip yang disebut ‘behind the scene’ atau gambaran semua tentang tim Anda. Selesaikan dengan credit title seluruh tim kerja produksi . Pilihan format bebas, instrumentalia atau lagu berlirik.

Sebagai penonton Anda pasti tak sadar jika terbawa dalam emosi music atau suara yang berjalan beriringan dengan adegan tertentu. Itulah music film scoring atau ilustrasi music yang mendorong ekspresi adegan. Dalam pembuatan atau pengkomposisian music, tentunya Anda tidak berjalan sendiri seperti halnya membuat lagu. Anda memang harus menonton adegan utuh scene film itu. Memang tampaknya harus agak sabar karena harus menunggu editing video selesai. Paling tidak scene yang akan diimbuhi music ilustrasi. Jadi dengan demikian, usahakan terlebih dahulu di bidang editor video untuk scene yang harus direkatkan dengan ilustrasi music. Untuk tahap awal perencanaan music, baca scenario dan tandailah (stabillo) bagian mana yang memang membutuhkan ilustrasi music. Rasakan suasana adegan dan temukan ekspresinya.

Di bawah ini hanya sekedar contoh ekspresi musik.

Semangat dan terus berkarya…

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *