Membuai Penonton dengan Tontonan yang Segar

str8Memang enak sich jadi penonton. Duduk di bangku tontonan, menikmati sajian tontonan, mengkhayalkan dinamika tontonan, dan tak jarang menontonpun meneriaki pemain-pemain yang ngga becus. Itu semua hak menjadi penonton. Apalagi dengan tontonan tak berbayar alias gratis, seolah penonton memiliki hak apa saja. Apakah tak terpikir, membuat sebuah kerja produksi itu sungguh begitu sulit. Kadang kita sebagai pemain dan semua awak kru kerja produksi harus bertempur lahir batin. Adalah sebuah kebahagiaan jika kita semua mampu menuntaskan seluruh karya kita tanpa cela sedikitpun. Sebagai pengkarya, tentunya harus memulai bagaimana membuat tontonan menjadi memiliki daya tarik.

Baik, kita simak salah satu episode tontonan PSP 13 tahun 2008 lalu, karya tim produksi “BadakSila” – kelas 2 ipa 5 SMAN2 Bandung, di bawah ini .

Pastilah tidak mudah membuat sebuah tontonan yang segar. Format parodi (humor) salah satu andalan tim ini. Detail adegan sangat menjadi perhatian sutradaranya, para pemain mampu bermain sangat lepas tanpa beban. Meskipun kononnya bagi sebuah adegan yang diisi para pemain biasanya kurang fokus, dalam hal ini para pemain utama tetap menjadi perhatian cukup bagus. Blocking pemain harus bisa memberi kesempatan kepada pemain utama untuk berada di front terdepan.

Tapi dari semua itu, pemain teater harus siap dengan segala kemampuan teknis, mengendalikan emosi, terus menjaga kestabilan karakter . Itu semua adalah hasil dari sebuah komunikasi yang baik selama kegiatan berlatih dengan seluruh komponen pentas.

Selamat berlatih seluruh 10 tim produksi PSP XX Tahun 2015. Semoga karya Anda patut mendapatkan apresiasi yang istimewa atas kerja kreatif Anda.

Tonton lebih banyak lagi Film Dokumentasi PSP

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *