Gladi Kotor PSP sudah usai

Ruang studio rumahseni2, atau yang disebut ruang avi, sejak pagi (17/12/16) sudah disibukkan dengan hilir mudik beberapa panitia produksi, membersihkan ruang, cek perangkat audio, cek peralatan lampu, dan kesiapan administrasi. Tak berapa lama jajaran Panelis (tim evaluator) mulai berdatangan seperti kang Adrian (04), kang Pampam (05), kang Setiadi (08), kang Gilang, Raka (12), kang Ibnu (13), teh Nataya, kang Fahreza, Miftah, dkk (16), yang semakin sore semakin ramai. Siapa mereka? Mereka adalah alumni rumahseni2 yang mengalami berkarya selama mereka menjadi siswa dulu. Pa Wing (pembina rumahseni2) pastinya sangat bahagia para alumni yang selama dianggap sebagai keluarga sendiri berkumpul dalam lintas generasi.

Singkatnya tim peserta gladi yang sejak pagi sudah bersiap, masuki ruang penyajian. Sebagai pemula bagi penyaji seni panggungan, adrenalin mereka memuncak. Mereka terus berusaha mengendalikan emosi dengan terus fokus dari semua yang sudah dikembangkan selama kurang lebih dua bulan.

Scene satu ready, ROLLING ACTION..!!” begitulah aba-aba seorang stage manager mengkomando teman-teman dalam tim produksi. Dan kilauan cahaya ruang mulai mewarnai ruang avi yang disulap menjadi ruang pentas. Musik dan audio berjalan, gerak tari dan acting para pemain meluncur sesuai script yang sudah didesain. Tata lampu sibuk dengan panel-panel sederhana dengan berpedoman kepada storyboard. Kurang lebih selama 25 – 35 menit penyajian itu berlangsung, tim panelis terus mengamati seluruh detail dari sajian dan seluruh teknik yang digunakan.

Hari pertama (17/12) dihadirkan 5 penyaji (tim produksi). Hari kedua (18/12) untuk 6 penyaji. Dua hari yang cukup melelahkan memeriksa seluruh kesiapan tim peserta, tim panelis tak pernah kehilangan fokus. Setiap di akhir penyajian, panelis mengajak diskusi, mengevaluasi karya penyaji dan memberikan saran-saran bagi perbaikan ke depan. Gladi Kotor memanglah bukan titik akhir. Ngga ada yang sempurna meskipun semuanya sudah mengerahkan segala kemampuannya. Panelis memberikan apresiasi memang sedikit kurang memuaskan bagi peserta. Tapi itu nyatanya memang Anda butuhkan. Segala saran-saran perbaikan jangan diabaikan. Tak apa, toh masih ada 3 bulan ke depan untuk membenahi seluruh ketidaksempurnaan itu. Sebagai tahap awal tentunya itu sudah merupakan pengalaman yang sangat berharga, memberikan sebuah cerita tersendiri dalam benak masing-masing.

Kepada Anda tim produksi, jangan putus asa. Kembangkan terus ide-ide kreatif yang memberikan warna baru untuk PSP XII nanti, 4 Maret 2017. Selamat…

Tulisan Terkait :

Mengapa Harus Gladi Kotor

Evaluasi Karya Awal Melalui aktivitas Gladi Kotor

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *