Sistem Pelaksanaan PSP

Hari pelaksanaan PSP 22 sudah semakin mendekat (4 Maret). 5 bulan sudah dilalui untuk berproses menggagas ide, membuat konsep, membentuk, mendesain, berlatih, mengikuti segala arahan dan berbagai kegiatan workshop, mengikuti kegiatan gladi kotor, bersinergi dengan teman-teman sebaya, dll. Tentunya ini sangat melelahkan, menguras energi dan pikiran, termasuk perasaan. Pastilah apa yang sudah dilakukan selama ini tidak ingin berakhir sia-sia, atau gagal. Yang bisa menjadikan kita menjadi HEBAT adalah rasa percaya diri yang kuat, percaya kalau kita bisa memberikan seluruh ekpresi kita yang jujur disertai dengan persiapan detail seluruh perangkat kerja. PSP tak hanya untuk ruang ekspresi, tetapi lebih jaun memberikan sebuah pengalaman hidup yang mungkin tidak pernah dialmi kembali di masa mendatang. Pengalaman itulah yang membuat kita menjadi manusia, yang masih memiliki keinginan untuk dihargai atas semua kerja keras kita. Panggung TBJB, 4 Maret nanti akan menjadi saksi bagaimana kita menjadi berbeda, menjadi kita mengukir sebuah cerita baru dalam kehidupan kita.

Untuk menjadi sebuah ilustrasi, di bawah ini diuraikan skenario yang menjadi sistem pelaksanaan yang wajib diikuti oleh seluruh Tim Produksi.

  1. Keseluruhan pelaksanaan PSP dibagi menjadi 3 sesi , yakni : Sesi I : 08.30 – 12.00, Sesi II : 12.30 – 17.30, Sesi III : 18.15 – 19.30, meliputi materi Pembukaan, Materi Karya, Sajian Rumahseni2, dan Guest Star. Seluruh siswa kelas XI wajib untuk hadir di Sesi 1, khususnya saat Opening Ceremony.
  2. Materi Karya siswa tersusun dalam susunan Rundown PSP22 yang akan ditetapkan saat Tecnical Meeting, ternomor dalam urut pentas. Setiap tim wajib sudah berada di Back Stage 90 menit sebelum jadwal waktu pentas.
  3. Tata urut sirkulasi pementas adalah Persiapan di Ruang Karantina (belakang panggung) untuk melakukan persiapan akhir selama 40 menit. Kemudian memasuki ruang Rias yang sudah ditentukan selama 40 menit, dengan membawa seluruh alat pentasnya. 10 menit sebelum jadwalnya diperkenankan menempati sisi panggung, menantikan tim lainnya yang sedang pentas selesai. Sementara itu bagi bagi div. Audio, Video dan Lighting sudah berada di posisi yang sudah ditetapkan, menantikan tim lain yang sedang menjalankan tugasnya.
  4. Tirai panggung tertutup. Stage manager tim langsung mengambil alih manajemen pentas, menerima 10 microphone (4 Headset mic, 2 Wireless Mic, 2 Mic Cable, diluar mic instrument) dan 1 perangkat komunikasi HT yang terhubung dengan Div. Audio, Div. Video dan Div. Lighting. Selama tirai ditutup (hanya 30 detik), tim penata panggung mempersiapkan seluruh perangkat kerjanya, menempatkan dekorasi portable sesuai posisinya yang benar (perhatikan letak jatuhnya sinar lampu). Tirai panggung dapat ditahan untuk dibuka, diperlama, dengan menayangkan Video Opening (sesuai durasi hasil garapannya) yang biasanya berisi gambaran pengantar dari karya yang akan ditonton, seperti judul karya, nama tim produksi, cast (pemain) dan video pengantar cerita. Layar video ada dihadapan penonton 2 set berukuran 2X3 m.
  5. Tiraipun dibuka, Tata Cahaya menyinari seluruh area panggung (15 X 8 m). Tim produksi akan menjalankan keseluruhan karya selama 40 menit, yang memuat alur cerita berbalut dengan keindahan seni peran, seni musik, seni tari, seni visual (tata cahaya), seni desain properti, seni suara (audio), seni desain kostum, seni sastra, dll yang menyublim menjadi satu ruh cerita. 30 menit berjalan, stage manager terus fokus memperhatikan semua perkembangan penyajian. Apakah sesuai storyboard yang sudah dideasin sebelumnya. Div. Acara panitia PSP akan mengingatkan selalu posisi durasi untuk 10, 5, 3 dan 1 menit sebelum waktu berakhir (40 menit).
  6. Dan musik Jingle Tim Produksi menutup karya sajian, tiraipun tertutup. Tim produksi langsung menuju ke luar panggung melalui pintu keluar yang sudah ditetapkan (sayap kanan panggung) dengan membawa semua peralatan pentas pendukung.

Sistem pelaksanaan PSP ini dibuat untuk tertibnya sebuah pelaksanaan program pertunjukan. Semoga seluruh Tim Produksi dapat menjalankan seluruh sistem ini dengan penuh disiplin yang tinggi. Tunjukkan bahwa Kalian Bisa..!! (*adm)

 

Be Sociable, Share!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *